Jumat, 20 November 2020

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL MELALUI PENDEKATAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 1 NGADIROJO SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2018/2019


 

LUSITA INDRIASWATI, S.Pd

Guru Matematika SMP Negeri 1 Ngadirojo Wonogiri

Email : lusita.indriaswati@gmail.com

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar Matematika materi sistem persamaan linear dua variabel melalui pendekatan Discovery Learning pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Ngadirojo Semester Gasal Tahun Pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII B SMP Negeri 1 Ngadirojo Wonogiri yang berjumlah 28 siswa. Prosedur penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari  perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diperoleh melalui catatan lapangan, observasi, tes. Dalam  penelitian ini dipakai data kuantitatif yang dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif, yakni mencari rerata skor hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran Matematika materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel selain itu juga mencari data kualitatif hasil observasi terhadap kemampuan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  terjadi peningkatan hasil belajar dicapai siswa, yaitu dapat dilihat dari hasil observasi awal, rata-rata hasil belajar siswa 63,39, siswa yang tuntas 42,86%. Setelah dilakukan penelitian tindakan kelas, diperoleh rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 78,21, jumlah siswa yang tuntas 78,57%, dan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa 92,32, jumlah siswa yang tuntas 92,86%. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa Pendekatan Discovery Learning Berbantuan Lingkungan dapat Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Ngadirojo Semester Gasal tahun pelajaran 2018/2019.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Discovery Learning, Lingkungan

  

DAFTAR PUSTAKA

 Arikunto, Suharsimi. 2006. Metodologi Penelitian. Jakarta : PT Rineka Cipta

 

Dalyono M. 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta

 

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta

 

Hamalik, Oemar. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT Bumi Aksara

 

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia

 

Kemendikbud. 2012. Dokumen Kurikulum 2013. Jakarta : Direktorat Pendidikan Menengah Umum

 

Nana Sudjana. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar Cetakan ketujuhbelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

 

SMP Negeri 1 Ngadirojo.2018. Kurikulum 2013 SMP Negeri 1 Ngadirojo. Wonogiri. Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Wonogiri.

 

Sudijono, Anas. 2011. Evaluai Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada

 

(http://repository.upi.edu/operator/upload/s_mat_060909_chapter2.pdf).

 

 

 

 


0 komentar:

Posting Komentar