Sabtu, 07 November 2020

Aplikasi Bungee Jumping melalui Pendekatan STEM

Oleh :

Lusita Indriaswati


Pernahkah kalian bermain bungee jumping ? Bagaimana bungee jumping dilakukan? Apa saja yang perlu diperhatikan pada saat bungee jumping?

Bungee jumping sudah tidak asing lagi karena merupakan suatu permainan yang membutuhkan adrenalin yang tinggi. Terjun lenting (bungee jumping) adalah sebuah aktivitas saat seseorang terjun dari sebuah tempat tinggi (biasanya beberapa ratus kaki/meter) dengan satu ujung dari tali elastis yang ditempel di badan atau pergelangan kaki dan ujung talinya satunya terikat ke titik lompatan. Saat terjun, tali tersebut akan melar setelah mengambil energi dari lompatan, dan peloncat akan terlontar balik ketika tali tersebut memendek. Peloncat akan berosilasi naik dan turun sampai energi dari loncatan habis.

            Bungee jumping merupakan permainan yang menggunakan pendekatan STEM. Apakah pendekatan STEM itu ? Pendekatan STEM adalah merupakan pendekatan pada abad XXI dan Revolusi Industri 4.0 dengan menggunakan 4C (critical thinking, creativity, communication, colaboration) yang mengintegrasikan Science, Technology, Engineering dan Mathematics yang berguna untuk memecahkan masalah pada dunia nyata bersifat kekinian sesuai dengan kehidupan yang akan datang dan akan menghasilkan produk berupa objek, proses/ sistem.

Science (sains) merupakan kajian tentang fenomena alam yang melibatkan observasi dan pengukuran untuk menjelaskan secara objektif fenomena alam yang selalu berubah-ubah. Penyelidikan dan penelitian sains dapat digunakan untuk mengidentifikasi bukti-bukti yang dibutuhkan untuk menjawab pertabyaan ilmiah dan permasalahan dalam kehidupan manusia

Technology (teknologi) merupakan inovasi/ penemuan manusia yang digunakan untuk memodifikasi alam agar memenuhi kebutuhan dan keunginan manusia dalam memperbaiki kualitas hidup. Contoh teknologi : pompa sabun, gunting, kertas, tutup botol dll

Engineering merupakan pengetahuan dan ketrampilan untuk mendesain dan mengkontruksi mesin, peralatan , sistem material dan proses yang digunakan manusia untuk mempermudah pekerjaan.

Mathematics (Matematika) adalah cabang ilmu yang berhubungan dengan numerasi, pola dan hubungan antara ruang dan bentuk, ketrampilan berfikir, secara bernalar, rasional dan logis dan digunakan dalam pemecahan masalah.

 STEM dan Kurikulum 2013

Analisis STEM pada Kurikulum 2013


Langkah-langkah analisis STEM :

Yang kita lakukan pada Pendekatan STEM :


Perhatikan video Terjun Lenting (Bungee Jumping) di bawah ini :



Rancangan Aktivitas Terjun Lenting (Bungee Jumping):

     .    Mengenalkan Konteks

Aktivitas terjun lenting (Bungee Jumping)

      2.    Mengidentifikasi masalah

Terjun lenting dengan diberikan persyaratan dan batasan masalah jumlah karet yang dirangkai

      3.    Mendiskusikan

Menyelesaikan masalah serta memilih metode yang terbaik untuk diprediksi

      4.    Merekayasa/ mendesain

Rangkaian susunan untuk menyusun rangkaian terjun lenting yang menjawab tantangan mengenai “ keamanan dan kenyamanan)

      5.    Melakukan perbaikan

Dari prediksi yang sudah ditemukan

      6.    Mempresentasikan

Hasil diskusi kelompok

Kegiatan Kelompok :

1. Siswa berkelompok beranggotakan 4 – 5 siswa

2.  Membuat simulasi kegiatan Bungee Jumping dan mengekspor hubungan tali yang digunakan dengan jarak jatuh yang terjadi

3.  Mendesain Bungee Jumping dengan kelompok

4. Menentukan banyak karet gelang yang dibutuhkan sebagai tali sehingga objek tetap aman ketika bermain bungee jumping di ketinggian yang telah ditentukan

Alat dan Bahan simulasi Terjun Lenting (Bungee Jumping) :

1.  30 Karet gelang

2.  Klip hitam

3.  Magnet pemberat

4.  Meteran

5.  Isolasi

6.  Gawai


Desain Alat :

Tantangan/ Challenge

1.  Jika tinggi tebing yang akan digunakan untuk kegiatan terjun lenting adalah 2,5 m, berapakah jumlah karet yang dibutuhkan agar permainan terjun lenting tetap dapat dilakukan dengan aman dan menyenangkan ?

2. Cobalah membuat beberapa prediksi, selanjutnya coba kembali melalui praktek langsung. Bandingkan prediksimu sebelum dan sesudah percobaan terjun lenting


 Langkah-langkah untuk menyelesaikan tantangan/ Challenge :

1.   Buatlah desain dan kontruksi bungee jump yang diperlukan

2.   Lakukan percobaan bungee jump (terjun lenting)

3.   Untuk mengukur jarak jatuhnya gunakan bantuan gawai (smartphone) untuk merekam menggunakan fasilitas rekaman video

4.   Catat data mengenai jarak jatuh dan jumlah karet yang digunakan yang diperoleh.

5.   Tulislah hasil yang anda peroleh pada tabel yang telah disediakan berikut ini :

6.   Gambarlah grafik berdasarkan data diatas !

7.   Jelaskan metode apa yang kamu gunakan untuk membuat prediksi karet yang digunakan pada ketinggian tertentu ?


Simulasi Bungee Jumping pada ketinggian tertentu :


Berdasarkan hasil pengamatan :


Grafik berdasarkan tabel pengamatan:


Metode yang digunakan berdasarkan tabel pengamatan dan grafik diatas adalah :

Melalui titik (0,0) dan (22,195)


Terjun lenting (bungee jumping) merupakan aplikasi matematika pada materi Persamaan garis lurus. Persamaan garis lurus merupakan materi kelas VIII semester ganjil. Dengan menggunakan simulasi bungee jumping ini siswa akan dapat memperkirakan banyaknya karet yang akan dirangkai berdasarkan ketinggian tempat yang akan digunakan agar orang yang memakai bungee jumping akan merasa nyaman dan terjun dengan selamat. Kita menggunaka metode persamaan garis melalui dua buah titik dengan memperkirakan antara banyaknya karet gelang yang diperlukan dengan rata-rata jarak jatuh jump dari 3 buah percobaan.











0 komentar:

Posting Komentar