PROGRAM PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN MELALUI
PENDIDIKAN DAN PELATIHAN GURU MATA PELAJARAN MATEMATIKA SMP
A. PENDAHULUAN
1.
LATAR BELAKANG
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) adalah pengembangan
kompetensi guru yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan, bertahap, dan
berkelanjutan untuk meningkatkan profesionalitasnya.
Oleh karena itu Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan harus
dilakukan berdasarkan kebutuhan guru yang bersangkutan. Kebutuhan yang dimaksud
adalah kebutuhan untuk mencapai dan/atau meningkatkan kompetensinya di atas
standar kompetensi profesi guru. Pemetaan kompetensi guru telah dilakukan melalui Uji Kompetensi
Guru (UKG), sehingga dapat diketahui kondisi objektif guru dan kebutuhan
peningkatan kompetensinya. Sebagai tindak lanjut hasil pelaksanaan UKG
dilakukan pelatihan guru pasca UKG yang pada tahun 2016 bernama Program Guru
Pembelajar. Pada tahun 2017 bernama Program Pengembangan Keprofesian
Berkelanjutan, sedangkan tahun 2018 bernama Program Diklat Guru dengan
menggunakan moda tatap muka.
Tujuan Program Diklat Guru adalah untuk meningkatkan kompetensi
pedagogik dan profesional yang dilakukan melalui Uji Kompetensi Guru (UKG).
Sasaranya adalah guru kelas, guru mata pelajaran dan guru Bimbingan Konseling
serta melalui Uji Kompetensi Keahlian (UKK) bagi guru kejuruan. Dengan harapan
semua jenjang pendidikan memperoleh rata-rata nasional yaitu 75. Pada era abad 21 ini dituntut untuk kita
menguasai 4C yaitu creative, critical thinking, communicative
dan collaborative serta kemampuan Berfikir
Penalaran Tingkat tinggi (HOTS) logis dan reflektif. Disamping itu siswa
diberikan Penanaman Pendidikan Karakter dan Gerakan Literasi Sekolah.
Oleh karena itu kita dalam menghadapi
kemajuan zaman dan untuk memenuhi tuntutan abad 21 dengan menggunakan Penalaran
Tingkat Tinggi (HOTS) maka Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Melalui Pendidikan
dan Pelatihan Guru perlu
dilaksanakan.
2.
NAMA KEGIATAN
Workshop Program Pengembangan
Keprofesian Berkelanjutan Melalui Pendidikan dan Pelatihan Guru Mata Pelajaran
Matematika SMP
3.
PELAKSANAAN
a)
Hari/tanggal : 31 Oktober 2018 s. d 21 November 2018
b)
Tempat :
Gedung PGRI Kabupaten Wonogiri
c)
Lama waktu : 60 jam
4.
PENYELENGGARA
PPPPTK Matematika
Yogyakarta
5.
TUJUAN KEGIATAN
a.
Program
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Melalui Pendidikan dan Pelatihan Guru
b.
Mendalami
PPK dan Gerakan Literasi Nasional
c.
Memiliki
kemampuan Pembelajaran Berorientasi Ketrampilan Berfikir Tingkat Tinggi (HOTS)
d.
Memperdalam
Materi Paedagogik dan Profesional KKA
B. ISI
1.
TUJUAN MENGIKUTI KEGIATAN
Tujun mengikuti Workshop ini
adalah:
a.
Menguasai Program
PKB Guru sehingga guru dapat mengembangkan dan melakukan inovasi dalam mebuat
karya inovatif
b.
Memiliki
Kecakapan Abad 21 yaitu 4C creative, critical thinking,
communicative dan collaborative serta
kemampuan Berfikir Penalaran Tingkat tinggi (HOTS) logis dan reflektif
c.
Mendalami
materi paedagogik dan profesional KK A tentang Aljabar dalam matematika
d.
Mendalami
materi paedagogik dan profesional KK F tentang geometri
2.
DESKRIPSI MATERI
Deskripsi materi Penulisan Buku diuraikan sebagai
berikut:
a)
Kemampuan membuat
dan menyelesaikan soal HOTS
b)
Penguatan
Pendidikan Karakter dan Gerakan Literasi Sekolah merupakan kemampuan yang
diinginkan di abad 21
3.
TINDAK LANJUT
Tindak lanjut dari Workshop ini adalah:
a)
Membuat buku
dalam bidang pendidikan yang bisa diterapan pada peserta didik
b)
Berbagi
pengalaman dan ilmu melalui karya berupa buku untuk mensukseskan Gerakan
Literasi Sekolah ( GLS )
4.
DAMPAK
Dampak terhadap kompetensi dan profesionalitas guru, mutu
KBM dan peserta didik adalah :
a)
Meningkatkan
profesionalisme guru dalam PKB
b)
Memberikan
contoh kepada Peserta didik untuk mensukseskan Gerakan Literasi Sekolah ( GLS)
dan mendapatkan proses pembelajaran yang lebih bermutu.
c)
Penanaman
Pendidikan karakter pada siswa
C. PENUTUP
Workshop Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan melalui Pendidikan dan Pelatihan guru ini membekali Guru untuk menambah ilmu para guru dengan melakukan Gerakan Literasi dan PPK sertab menyelesaikan soal yang memiliki penalaran yang tinggi sehingga dalam proses pembelajaran guru memiliki wawasaan yang luas sehingga peserta didk dalam pembelajaran menjadi tertarik dan tidak jenuh. Diharapkan bahwa semua peserta mampu memahami materi yang disampikan guru dan hasil belajar menjadi meningkat.
MATRIKS PELAKSANAAN BIMTEK
A. LAMPIRAN
ü
UNDANGAN BIMTEK
ü
SURAT
TUGAS BIMTEK
ü
SURAT
KETERANGAN PERSETUJUAN
ü
SERTIFIKAT
BIMTEK
Ngadirojo, 24 November 2018
Penulis Laporan
LUSITA INDRIASWATI, S.Pd
NIP. 19801005 200801 2 026
0 komentar:
Posting Komentar