Jumat, 20 November 2020

LAPORAN KEGIATAN PROGRAM PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN MELALUI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN GURU MATA PELAJARAN MATEMATIKA SMP

 

LAPORAN KEGIATAN

PROGRAM PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN MELALUI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN GURU MATA PELAJARAN MATEMATIKA SMP

 

A.    PENDAHULUAN

1.      LATAR BELAKANG

Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) adalah pengembangan kompetensi guru yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan, bertahap, dan berkelanjutan untuk meningkatkan profesionalitasnya.

Oleh karena itu Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan harus dilakukan berdasarkan kebutuhan guru yang bersangkutan. Kebutuhan yang dimaksud adalah kebutuhan untuk mencapai dan/atau meningkatkan kompetensinya di atas standar kompetensi profesi guru. Pemetaan kompetensi guru telah dilakukan melalui Uji Kompetensi Guru (UKG), sehingga dapat diketahui kondisi objektif guru dan kebutuhan peningkatan kompetensinya. Sebagai tindak lanjut hasil pelaksanaan UKG dilakukan pelatihan guru pasca UKG yang pada tahun 2016 bernama Program Guru Pembelajar. Pada tahun 2017 bernama Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, sedangkan tahun 2018 bernama Program Diklat Guru dengan menggunakan moda tatap muka.

Tujuan Program Diklat Guru adalah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesional yang dilakukan melalui Uji Kompetensi Guru (UKG). Sasaranya adalah guru kelas, guru mata pelajaran dan guru Bimbingan Konseling serta melalui Uji Kompetensi Keahlian (UKK) bagi guru kejuruan. Dengan harapan semua jenjang pendidikan memperoleh rata-rata nasional yaitu 75. Pada era abad 21 ini dituntut untuk kita menguasai 4C yaitu creative, critical thinking, communicative dan collaborative serta kemampuan Berfikir Penalaran Tingkat tinggi (HOTS) logis dan reflektif. Disamping itu siswa diberikan Penanaman Pendidikan Karakter dan Gerakan Literasi Sekolah.

Oleh karena itu kita dalam menghadapi kemajuan zaman dan untuk memenuhi tuntutan abad 21 dengan menggunakan Penalaran Tingkat Tinggi (HOTS) maka Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Melalui Pendidikan dan Pelatihan Guru perlu dilaksanakan.

 

2.      NAMA KEGIATAN

Workshop Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Melalui Pendidikan dan Pelatihan Guru Mata Pelajaran Matematika SMP

3.      PELAKSANAAN

a)     Hari/tanggal     : 31 Oktober 2018 s. d 21 November 2018

b)   Tempat             :  Gedung PGRI Kabupaten Wonogiri 

c)   Lama waktu      : 60 jam

 

4.      PENYELENGGARA

PPPPTK Matematika Yogyakarta

 

5.      TUJUAN KEGIATAN

a.       Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Melalui Pendidikan dan Pelatihan Guru

b.      Mendalami PPK dan Gerakan Literasi Nasional

c.       Memiliki kemampuan Pembelajaran Berorientasi Ketrampilan Berfikir Tingkat Tinggi (HOTS)

d.      Memperdalam Materi Paedagogik dan Profesional KKA

 

B.    ISI

1.      TUJUAN MENGIKUTI KEGIATAN

Tujun mengikuti Workshop ini adalah:

a.   Menguasai Program PKB Guru sehingga guru dapat mengembangkan dan melakukan inovasi dalam mebuat karya inovatif

b.      Memiliki Kecakapan Abad 21 yaitu 4C creative, critical thinking, communicative dan collaborative serta kemampuan Berfikir Penalaran Tingkat tinggi (HOTS) logis dan reflektif

c.       Mendalami materi paedagogik dan profesional KK A tentang Aljabar dalam matematika

d.      Mendalami materi paedagogik dan profesional KK F tentang geometri

 

2.      DESKRIPSI MATERI

Deskripsi materi Penulisan Buku diuraikan sebagai berikut:

a)    Kemampuan membuat dan menyelesaikan soal HOTS

b)   Penguatan Pendidikan Karakter dan Gerakan Literasi Sekolah merupakan kemampuan yang diinginkan di abad 21

 

3.      TINDAK LANJUT

Tindak lanjut dari Workshop ini adalah:

a)      Membuat buku dalam bidang pendidikan yang bisa diterapan pada peserta didik

b)      Berbagi pengalaman dan ilmu melalui karya berupa buku untuk mensukseskan Gerakan Literasi Sekolah ( GLS )

 

4.      DAMPAK

Dampak terhadap kompetensi dan profesionalitas guru, mutu KBM dan peserta didik adalah :

a)   Meningkatkan profesionalisme guru dalam PKB

b)   Memberikan contoh kepada Peserta didik untuk mensukseskan Gerakan Literasi Sekolah ( GLS) dan mendapatkan proses pembelajaran yang lebih bermutu.

c)   Penanaman Pendidikan karakter pada siswa

 

C.    PENUTUP

Workshop Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan melalui Pendidikan dan Pelatihan guru ini membekali Guru untuk menambah ilmu para guru dengan melakukan Gerakan Literasi  dan PPK sertab menyelesaikan soal yang memiliki penalaran yang tinggi sehingga dalam proses pembelajaran guru memiliki wawasaan yang luas sehingga peserta didk dalam pembelajaran menjadi tertarik dan tidak jenuh. Diharapkan bahwa semua peserta mampu memahami materi yang disampikan guru dan hasil belajar menjadi meningkat.


MATRIKS PELAKSANAAN BIMTEK

A.    LAMPIRAN

ü  UNDANGAN BIMTEK

ü  SURAT TUGAS BIMTEK

ü  SURAT KETERANGAN PERSETUJUAN

ü  SERTIFIKAT BIMTEK

Ngadirojo, 24 November 2018

Penulis Laporan

 

LUSITA INDRIASWATI, S.Pd

NIP. 19801005 200801 2 026


0 komentar:

Posting Komentar