LUSITA INDRIASWATI, S.Pd
Guru Matematika SMP Negeri 1 Ngadirojo Wonogiri
Email : lusita.indriaswati@gmail.com
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatkan
hasil belajar Matematika materi sistem persamaan linear dua variabel melalui
pendekatan Discovery Learning pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Ngadirojo Semester
Gasal Tahun Pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII B SMP
Negeri 1 Ngadirojo Wonogiri yang berjumlah 28 siswa. Prosedur penelitian ini
dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari
perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data diperoleh melalui
catatan lapangan, observasi, tes. Dalam
penelitian ini dipakai data kuantitatif yang dianalisis dengan
menggunakan analisis deskriptif, yakni mencari rerata skor hasil belajar siswa
terhadap mata pelajaran Matematika materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
selain itu juga mencari data kualitatif hasil observasi terhadap kemampuan
guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
terjadi peningkatan hasil belajar dicapai siswa, yaitu dapat dilihat
dari hasil observasi awal, rata-rata hasil belajar siswa 63,39, siswa yang
tuntas 42,86%. Setelah dilakukan penelitian tindakan kelas, diperoleh rata-rata
hasil belajar siswa pada siklus I adalah 78,21, jumlah siswa yang tuntas 78,57%,
dan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa 92,32, jumlah siswa yang tuntas 92,86%. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat
disimpulkan bahwa Pendekatan Discovery Learning Berbantuan Lingkungan dapat Meningkatkan
Hasil Belajar Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel pada siswa
kelas VIII B SMP Negeri 1 Ngadirojo Semester Gasal tahun pelajaran 2018/2019.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Discovery Learning, Lingkungan
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. 2006. Metodologi Penelitian. Jakarta : PT Rineka Cipta
Dalyono M. 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar
dan Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta
Hamalik, Oemar. 2003. Proses Belajar
Mengajar. Jakarta : PT Bumi Aksara
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik
dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia
Kemendikbud. 2012. Dokumen Kurikulum 2013. Jakarta : Direktorat Pendidikan Menengah
Umum
Nana Sudjana. 2013. Penilaian Hasil
Proses Belajar Mengajar Cetakan ketujuhbelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.
SMP Negeri 1 Ngadirojo.2018. Kurikulum 2013 SMP Negeri 1 Ngadirojo.
Wonogiri. Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten
Wonogiri.
Sudijono, Anas. 2011. Evaluai Pendidikan.
Jakarta : Raja Grafindo Persada
(http://repository.upi.edu/operator/upload/s_mat_060909_chapter2.pdf).
0 komentar:
Posting Komentar